Tips Optimasi Youtube Short – halo sobat NomerSiji! Baru baru ini Youtube meluncurkan fitur baru mereka yang diberi nama Youtube Short. Youtube Short ini sebelumnya sudah dirilis duluan di Amerika dan India. Saat ini, semua pengguna di negara Indonesia sudah bisa menggunakan fitur yang satu ini.

Short dirancang guna menyamai kompetitor mereka yakni tiktok dan reels di Instagram. Karena bentuk dan caranya mirip seperti tiktok dan reels. Apakah kamu sudah melihat tampilan YouTube  terbaru?

Pada artikel kali ini NomerSiji akan memberikan informasi mengenai cara dan tips mengoptimasi YouTube short. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Tips Optimasi YouTube Short

30630848p
Source : rri.co.id

Jadi, Direktur Pemasaran YouTube & NBU untuk Indonesia, Filipina dan Asia Tenggara, Veronica Utami mengatakan YouTube Short dibuat guna memudahkan para kreator untuk membuat serta mengunggah video berdurasi pendek. Jadi, untuk mengisi konten para kreator juga bisa mengupload video pendek yang bisa berisikan tips, tutorial dan semacamnya.

Hampir sama dengan kompetitornya, YouTube Short ini bisa menggunggah video mulia dari 15 – 60 detik. Juga sudah dilengkapi dengan teks, filter serta musik yang bisa membuat video terlihat lebih menarik.

Untuk mulai mengunggah video short kamu bisa langsung menemukan menunya di bagian bawah layar ketika berada di beranda YouTube. Ikon tanda plus (+) yang berada tepat di tengah bawah menu “Home”.

Ketika kamu masuk ke YouTube Short maka akan muncul banyak video konten krator lain dari seluruh dunia. Kamu tidak akan kesusahan karena bentu menu nya hampir mirip dengan TikTok dan Reels Instagram.

Format videonya pun sama yaitu berbentuk vertikal memenuhi layar. Ketika kamu menggulirkan video ke atas maka akan muncuk video video baru lainnya.

Pengguna juga bisa memberi like, komentar, membagikan video, tidak menyukai bahkan kamu juga bisa menyimpan musiknya ke favorit. Kamu juga akan melihat tombol berlangganan untuk bisa menyimpan musik video shortnya ya sobat.

Cara Mengupload Video ke YouTube

Setelah membahas tips optimasi video short maka selanjutnya kita masuk ke cara upload videonya ke YouTube. Mari simak caranya dibawah ini.

  1. Pertama-tama buka terlebih dahulu aplikasi YouTube di smartphone ataupun laptop kamu
  2. Kemudian klik menu “short
  3. Lalu pilih icon kamera yang berada di sudut kanan atas layar
  4. Untuk mulai mengupload video kamu bisa memilih durasi video yang akan kamu upload.
  5. 15 detik untuk video yang berdurasi pendek namun kamu juga bisa mengupload video 60 detik dengan memilih nomor menjadi 60
  6. Selain itu kamu juga bisa mengupload video dari galeri yang berdurasi 15 detik sampai 1 menit
  7. Kemudian kamu juga bisa mengatur kecepatan video yang kamu inginkan, kamu bisa mengklik tanda centang di kanan bawah layar
  8. Ketika sudah selesai mengatur kecepatan video kamu juga bisa mengedit video tersebut dengan menambahkan musik, filter, teks serta latar video
  9. Video berhasil dibuat, silakan klik berikutnya

Sebelum mengupload video kamu juga bisa menambahkan deskripsi video. Kamu juga bisa menambahkan tag #short dalam deskripsi untuk merekomendasikan video sehingga video kamu bisa muncul di beranda YouTube short orang lain.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai bagaimana cara dan tips optimasi YouTube short. Kamu bisa mengoptimasi video yang kamu unggah dengan cara memberikan #short pada setiap video yang akan kamu upload. Dengan begitu video kamu akan muncul di beranda YouTube short orang lain sehingga viewers video short kamu bertambah.

Share ke teman-teman apabila artikel tips optimasi YouTube short ini membantu dan bermanfaat. Kritik dan saran yang membangun sangat kami perlukan demi menyempurnakan kesalahan pada website dan artikel kami.

Terima kasih, selamat membantu.

Tagged in:

,