kirim uang ke luar negeri

Wise (dahulu bernama Transferwise), adalah sebuah aplikasi pengiriman uang dari dan ke luar negeri yang tengah booming. Memiliki lebih dari 10 juta pengguna di dunia Wise menjaid aplikasi yang paling terkenal untuk berkirim uang baik dari Indonesia maupun sebaliknya. Aplikasi ini menjadi sangat populer untuk cara kirim uang ke luar negeri karena biaya admin nya yang sangat rendah dan dapat melayani pengiriman uang hingga ke 80 negara. Aplikasi yang aman ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store dan App Store.

Aplikasi Wise atau TransferWise

Wise adalah sebuah perusahaan fintech yang berasal dari Inggris dan dahulu bernama TransferWise. Perusahaan ini melayani pengiriman uang ke sekitar 50 negara dengan biaya yang rendah dan nilai mata uang terbaik. Di Indonesia, perusahaan ini telah memiliki sebanyak 2400 karyawan dengan 10 juta pengguna yang tersebar di 80 negara termasuk Indonesia.

Fitur andalan Wise adalah:

  • Akun tanpa batas untuk para pebisnis. Buka rekening di Wise sangat mudah dan jika anda seorang pebisnis maka di Wise anda dapat memisahkan rekening untuk bisnis atau keperluan pribadi.
  • Fitur Aplikasi. Berkirim uang lewat Wise sangat mudah untuk dilakukan, tinggal mendaftar di aplikasi dengan antarmuka yang sederhana dan mudah diikuti.
  • Menautkan rekening dengan kartu debit atau kartu kredit lainnya. Kartu yang anda miliki bisa digunakan untuk menabung atau mentransfer uang.

Biaya Pengiriman Yang Transparan dan Terjangkau

Sebelum anda berkirim uang, anda dapat mengecek terlebih dahuku biaya yang akan dikeluarkan melalui aplikasi. Nilai tukar mata uang yang dikirimkan pun menggunakan aturan realtime atau nilai tukar nyata yang berlaku pada saat uang dikirim. 

Pendiri Wise Taavet Hinrikus menyatakan bahwa Wise berdiri akibat merasa prihatin dengan besarnya biasa yang harus dikeluarkan saat ingin mengirim uang ke luar negeri. Ada biaya tersembunyi yang harus di bayarkan oleh pengirim kepada Bank sehingga jika dijumlahkan maka akan berkali lipat. Misalnya, secara umum bank-bank di Indonesia akan mengenakan biaya 25 dollar untuk biaya transfer dalam jumlah maksimal dan biaya admin Rp. 50,000.

Jika mengirimkan uang menggunakan jasa yang lain pun biayanya tidak serendah Wise. Misalnya menggunakan Paypal, anda akan dikenakan biaya transaksi sebesar 5,4% ditambah 0,3 USD. Begitupula dengan Western Union, penggunaannya cukup merepotkan karena harus datang langsung ke loket pengiriman.

Berkirim uang menggunakan Wise anda tidak akan dibebani dengan biaya admin dan biaya pengiriman yang sangat besar, dengan tujuan untuk meringankan beban para pekerja yang berkirim uang dari dan ke luar negeri sehingga dapat berhemat dan menabung lebih banyak lagi.

Cara Mengirimkan Uang Ke Luar Negeri Dengan Aplikasi Wise

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, berkirim uang memakai aplikasi Wise sangat mudah dan biayanya lebih terjangkau dibandingkan melalui bank konvensional. Bagaimana cara kirim uang ke luar negeri dari Indonesia?, simak caranya berikut ini.

  • Daftarkan diri anda di aplikasi Wise.
kirim uang ke luar negeri

Anda akan diminta mencantumkan alamat email dan kata sandi. Selain alamat email, anda juga bisa mendaftar dengan akun Google atau Facebook. Tidak ada biaya yang harus dibayarkan saat anda mendaftar untuk memiliki akun Wise. Jika anda pengguna baru, kirimkan data berupa ID atau Passport, butuh waktu hingga 3 hari untuk verifikasi data.

  • Masukkan nominal uang yang akan dikirim.

Pada kolom yang sudah disediakan, masukan jumlah uang yang akan anda kirimkan. Secara otomatis aplikasi akan mengkonversi nilai tukar uang sesuai kurs di negara tujuan dan besaran biaya administrasi yang akan dibebankan kepada anda.

  • Cantumkan jenis transfer yang anda lakukan.

Jika anda melakukan transfer pribadi, maka isilah sebagai Transfer Pribadi. Bisa juga menggunakan saldo dari e-wallet seperti Gopay, Dana atau Ovo.

  • Isi detail informasi pribadi anda.
kirim uang ke luar negeri

Anda akan diminta mengisi data pribadi seperti alamat dan nomor telepon. Jangan khawatir, data anda tidak akan tersebar kuas.

  • Cantumkan nama penerima uang.

Jika mengirimkan uang ke rek bank, tuliskan nama dan detail bank jika ada. Jika tidak ada detail bank cukup masukka alamat emailnya saja.

  • Periksa ualng detail pengiriman uang yang anda buat.

Pastikan semua informasi sudah terisi dengan benar.

  • Pilih jenis transfer dan cara membayar.
  • Selesai.

Kelebihan dan Kekurangan Kirim Uang Ke Luar Negeri Menggunakan Wise

Seperti halnya produk keuangan lain, memakai jasa Wise tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Beberapa hal yang menjadi kelebihan dari pelayanan WISE adalah :

  • Gratis membuat akun dan tidak dikenakan biaya admin.
  • Biaya pengiriman uang ke luar negeri paling murah dan paling cepat sampai.
  • Nilai tukar mata uang didasarkan pada realtime atau kurs nyata pada saat uang diirimkan.
  • Pengguna dapat mengetahui besaran biaya transfer sebelum melakukan pengiriman uang.
  • Aplikasinya sangat mudah digunakan dan dapat diakses lewat HP maupun desktop/PC.
  • Penerima uang tidak perlu memiliki akun Wise.
  • Pengiriman uang dapat melalui e-wallet dan OVO.

Selain kelebihannya, tentua ada kekurangan yang dimiliki aplikasi ini, diantaranya adalah :

  • Belum tersedia fitur untuk kartu debit mastercard untuk pengguna dari Indonesia.
  • Nasabah harus melakukan verifikasi diri jika ingin melakukan transaksi pengiriman uang senilai diatas 15,000 Euro.

Demikian ulasan mengenai cara kirim uang ke luar negeri menggunakan Wise. Aplikasi Wise ini sangat membantu untuk mengirim uang dari dan luar negeri mengingat banyak pekerja asing yang bekerja di Indonesia dan banyak warga Indonesia yang bekerja di luar negeri.

Sumber referensi: https://www.sebuahutas.com/2022/02/cara-menggunakan-wisecom-transferwise.html