cara setting DNS di Android

DNS atau Domain Name System adalah buku telepon Internet. Web browser berinteraksi melalui alamat Internet Protocol (IP). DNS menerjemahkan nama domain ke alamat IP sehingga browser dapat memuat sumber daya Internet. Namun ada cara setting DNS di Android yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Berikut informasi lengkapnya.

Sebelum menuju ke cara setting DNS di Android, ada beberapa keuntungan dari melakukan perubahan DNS di perangkat Android. Berikut keuntungannya yang bisa kamu dapatkan bila kamu menggunakan DNS khusus atau mengubah DNS di smartphone android mu.

Fitur Lengkap Fouad Whatsapp
Fitur Lengkap Fouad Whatsapp

1. Layanan lebih cepat

Server DNS pihak ketiga terkadang lebih cepat daripada server DNS default ISP, meski ini tidak selalu pasti. Hal ini  tergantung pada seberapa dekat server DNS pihak ketiga dengan lokasimu dan seberapa lambat server DNS ISP kamu. Tapi mungkin layak untuk dicoba.

2. Layanan yang dapat diandalkan

Jika Layanan Internet kamu tampaknya tidak dapat diandalkan, mengalihkan layanan DNS Anda mungkin merupakan cara mudah untuk melihat apakah itu masalahnya. Jika ISP Anda buruk dalam menjaga server DNS mereka tetap aktif dan berjalan tanpa hambatan, Anda mungkin mengalami unggahan dan layanan yang lambat saat permintaan DNS macet.

Beralih ke layanan internet yang lebih andal mungkin menyelesaikannya: Banyak alternatif DNS bertujuan untuk menyediakan layanan cepat yang Anda inginkan.

3. Blokir konten buruk

Jika kamu memiliki anak kecil dan ingin menyiapkan pemfilteran Web, ada berbagai cara berbeda yang dapat kamu lakukan. Salah satu cara termudah untuk mengkonfigurasi pemfilteran Web adalah dengan mengubah server DNS kamu ke layanan seperti OpenDNS.  Dengan mengubah server DNS di router kamu, kamu akan dapat mengkonfigurasi pengaturan kontrol orang tua di situs web OpenDNS.

Ganti Tema Dan Download Wa Aero Mod Apk Terbaru 1
Ganti Tema Dan Download Wa Aero Mod Apk Terbaru 1

Dengan cara ini kamu dapat memblokir kategori situs web tertentu serta melihat yang telah diakses dari jaringan rumah.  Lebih baik lagi, jika kamu memiliki jaringan nirkabel, kamu dapat memblokir konten ke semua perangkat, termasuk tablet dan ponsel cerdas, yang menggunakan jaringan tersebut.

4. Perlindungan yang lebih baik

Beberapa layanan DNS menawarkan pemfilteran ekstra untuk memblokir situs phishing yang dikenal—situs web yang memikat dan mungkin mengaitkan ke perangkat, membahayakan komputer atau data kamu. Pastikan untuk memilih layanan DNS yang memiliki fitur ini karena tidak semua melakukannya.

5. Mengakses konten yang diblokir

Mirip dengan Jaringan Pribadi Virtual atau VPN, beberapa server DNS pihak ketiga khusus akan memungkinkan kamu untuk menonton apa yang disebut konten “yang diblokir secara geografis”. Misalnya, orang-orang di negara lain tidak dapat mengakses situs web seperti Netflix, Hulu, dan BBC iPlayer. 

Tetapi beberapa server DNS yang canggih melakukan sedikit trik dan akan melakukan beberapa “penerowongan” jaringan, sehingga untuk berbicara, agar terlihat seolah-olah kamu tidak berada di salah satu wilayah yang “diblokir”.

Setelah mengetahui keuntungan dari mengubah DNS pada smartphone Android, berikut cara setting DNS di Android yang paling mudah. Langsung saja:

Cara Mudah Download Mp3 Dari Video Youtube Dengan Y2mate
Cara Mudah Download Mp3 Dari Video Youtube Dengan Y2mate
  1. Buka pengaturan Wi-Fi di perangkat Anda.  Anda dapat melakukan ini dengan membuka ikon Pengaturan dan membuka Wi-Fi, atau dengan ke layar notifikasi dan menekan lama ikon Wi-Fi.
  2. Sekarang, buka menu jaringan untuk jaringan Wi-Fi Anda.  Cara kerjanya akan tergantung pada ponsel Anda;  Anda mungkin harus menekan lama nama Wi-Fi, kemudian mengetuk Modify Network, atau mungkin ada ikon panah di samping, tergantung pada pabrikan dan versi Android Anda.
  3. Di detail jaringan, pindah ke bawah, dan kemudian ketuk Pengaturan IP.  Jika Anda tidak melihat menu itu, cari tombol bertanda Lanjutan, lalu Anda akan melihat Pengaturan IP.
  4. Ubah ke statis.
  5. Ubah DNS1 dan DNS2 ke pengaturan yang Anda inginkan – misalnya, Google DNS masing-masing adalah 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.

Kamu bisa menggunakan pengubah DNS Pihak ketiga yang langkahnya mungkin lebih sederhana. Itulah cara setting DNS di android secara mudah yang semoga bermanfaat untuk kamu. Meskipun demikian, jangan gunakan cara ini untuk tujuan yang tidak benar atau tidak baik. Semoga sukses.