cara membuka HP Android yang terkunci
Drfone Android Unlock 1

Kata sandi, pola, atau PIN di smartphone Android memang benar-benar dapat membantu pengguna untuk melindungi data dan file penting di dalamnya.  Tetapi hal tersebut juga berisiko tinggi, misalnya, Anda lupa kata sandi, pola, PIN, atau anak-anak bermain smartphone Anda sehingga terkunci. Ada beberapa cara membuka HP Android yang terkunci tanpa menghilangkan data.

Mengapa cara ini penting? Karena sebenarnya kita bisa membuka kunci password ponsel Android dengan beberapa cara praktis. Namun cara yang paling umum, atau yang pertama yang akan Anda lakukan adalah pengaturan ulang pabrik atau reset. Hasilnya? Data Anda hilang. Nah berikut ini ada cara yang tidak akan menghilangkan data Anda.

Dengan Menggunakan Akun Google

Cara ini adalah cara yang paling dasar yang seringkali digunakan sebagai cara membuka HP android yang terkunci tanpa menghilangkan data. Namun tentu Anda harus mengingat akun Google Anda yang tersimpan dalam smartphone android Anda.

  1. Terus mencoba pola buka kunci 5 kali, pada percobaan keenam kalinya akan muncul pesan untuk mencoba setelah 30 detik
  2. Setelah itu, Anda akan melihat “pola lupa” di bagian bawah layar
  3. Di sini Anda harus menyediakan akun Gmail yang terhubung dengan perangkat dan kemudian klik opsi “Berikutnya”.
  4. Apabila akunnya sesuai, maka smartphone akan terbuka dan Anda dapat memberikan pola atau PIN baru untuk membuka kunci perangkat yang terkunci tanpa harus mereset.

Ini adalah cara pertama yang bisa Anda coba.  Tetapi mungkin akan ada banyak pengguna yang tidak bisa menggunakan cara akun Gmail karena memiliki settingan berbeda untuk smartphonenya dimana setiap brand mungkin jauh berbeda. Namun jangan khawatir, Anda masih bisa mencoba cara lainnya.

Melalui Find My Phone

  1. Buka www.google.com/android/find di perangkat Android atau komputer Anda yang lain kemudian Masuk ke akun Google Anda
  2. Nantinya akan muncul semua perangkat Android Anda yang telah masuk ke akun ini, selanjutnya pilih ponsel Android yang Anda inginkan untuk membuka kunci.
  3. Kemudian akan muncul menu “Ring”, “Lock” dan “Erase”, kemudian pilih opsi Kunci atau Lock. Smartphone Anda akan terkunci total.
  4. Di jendela pop-up, buat baru  kata sandi baru Anda dan konfirmasi.
  5. Selanjutnya, buka ponsel Anda yang terkunci, dan masukkan kata sandi yang baru saja Anda ganti dan Anda dapat membuka kunci ponsel android Anda.
  6. Selesai

Melalui FindMyMobile.samsung.com

Apabila smartphone Android Anda yang terkunci adalah merek Samsung, Anda dapat langsung mencoba layanan Find My Phone khusus Samsung untuk memperbaikinya. Namun syaratnya Anda harus sudah memiliki akun Samsung.  Jika Anda tidak memiliki akun Samsung, cara ini tidak akan bisa Anda gunakan.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuka kunci smartphone Samsung dengan Find My Mobile. Pastikan smartphone Anda mendapatkan akses internet.

  1. Pertama, buka findmymobile.samsung.com di komputer Anda, kemudian masuk ke akun Samsung Anda.
  2. Pilih opsi Kunci layar saya di panel kiri > Masukkan PIN baru di bidang pertama, lalu klik tombol Kunci
  3. Dalam satu atau dua menit, kata sandi layar kunci Anda akan diubah menjadi PIN yang baru saja Anda masukkan.
  4. Masukkan PIN baru ke smartphone Samsung Anda dan smartphone akan terbuka

Dengan Menggunakan ADB

Jika Anda sudah mengaktifkan USB debugging di ponsel Android Anda, Anda dapat memeriksa cara ADB ini untuk membuka kunci ponsel Android tanpa kata sandi.  Tetapi cara ini relatif memakan waktu dan lebih rumit ketimbang cara lain nya. Namun cara membuka HP Android yang terkunci tanpa menghilangkan data ini layak untuk dicoba. Inilah yang perlu Anda lakukan.

  1. Siapkan perangkat komputer atau laptop
  2. Hubungkan HP Android Anda ke komputer
  3. Buka jendela prompt perintah di direktori instalasi ADB
  4. Kemudian ketik “adb shell rm /data /system /gesture.key”klik Enter
  5. Nyalakan ulang HP Android Anda, dan layar kunci akan hilang tanpa menghilangkan data didalamnya

Itulah beberapa cara membuka HP android yang terkunci tanpa menghilangkan data didalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan gunakan cara ini untuk membobol perangkat yang bukan milik Anda sendiri. Semoga bermanfaat.