cara melewati frp lock atau google verifikasi setelah hard reset tanpa pc

Apakah karena smartphone sudah menjadi lemot, ada virus atau hingga lupa password seringkali berujung dengan hard reset. Namun seringkali masalah tidak selesai sampai disitu karena kita harus melewati FRP Lock atau Google Verifikasi. Namun bagaimana jika kita lupa password atau email kita juga? Berikut cara melewati frp lock atau google verifikasi setelah hard reset tanpa pc.

FRP atau Factory Reset Protection adalah fitur yang dikembangkan oleh Android agar smartphone hanya bisa diakses oleh pemiliknya saja setelah factory reset atau reset total. Cara dari factory reset itu sendiri bisa melalui beberapa cara yakni melalui pengaturan yang mana ini lebih aman karena kamu akan diminta masuk menggunakan email terlebih dulu.

Cara lainnya juga bisa dilakukan melalui Recovery Mode yang mana dilakukan bila HP terkunci atau kondisi bootloop sehingga tidak bisa masuk ke menu pengaturan. Hanya saja karena ada FRP kamu tetap akan diminta akun email atau Google mu setelah proses reset. Sedangkan cara yang terakhir adalah reset melalui PC.

Cara factory reset menggunakan Recovery Mode

Sebelum memulai cara melewati frp lock atau google verifikasi setelah hard reset tanpa pc, berikut ini adalah cara untuk melakukan factory reset menggunakan Recovery Mode.

  1. Pertama, pastikan baterai HP minimal 70%. Hal ini untuk hp mati kehabisan baterai saat proses reset.
  2. Matikan handphone atau tablet android kamu
  3. Selanjutnya nyalakan perangkat Androidmu dengan menekan dan menahan tombol Volume Up + HOME + Power secara bersamaan beberapa detik. Untuk perangkat tanpa tombol home bisa menekan power dan volume up saja
  4. Dengan menggunakan Volume Up untuk memindah menu, pilih menu “Factory reset / wipe data”.
  5. Lalu tekan tombol Home atau power untuk memulai proses reset
  6. Tunggu beberapa waktu sampai prosesnya selesai.
  7. Pilih menu Reboot System Now dan hp mu akan kembali menyala
  8. Setelah itu HP akan masuk ke sistem dan disinilah kamu akan bertemu dengan FRP Lock atau Verifikasi Google

Cara melewati frp lock atau google verifikasi setelah hard reset tanpa pc

Selanjutnya tentu saja cara melewati frp lock atau google verifikasi setelah hard reset tanpa pc. Perhatikan caranya agar kamu tidak perlu mengulang dari awal. Satu lagi, cara bypass FRP ini hanya bisa dilakukan untuk perangkat dengan tombol saja. Sedangkan untuk perangkat Android tanpa tombol perlu cara yang berbeda.

  1. Klik 3 kali tombol “Home”
  2. Setelah itu usap layar dengan garis membentuk huruf L, jika kamu melakukannya dengan benar maka akan tampil menu Tutorial TalkBack.
  3. Lakukan lagi usap layar dengan pola yang sama, bila kamu melakukannya dengan benar maka akan muncul menu konteks global
  4. Selanjutnya pilih menu “Setelan text to speech”, kamu akan dibawa ke menu setelan text to speech.
  5. Saat berada di menu setelan, klik tombol kembali yang ada pada pojok kiri atas. Jangan klik tombol back yang ada pada sebelah tombol power
  6. Lakukan langkah di atas sampai kamu dibawa ke menu pengaturan android
  7. Selanjutnya, tekan menu “Panduan pengguna” pada pengaturan samsung android
  8. Tanpa membuka browser, kamu akan diarahkan ke browser dan pada browser ketik “addrom.com/bypass”. Kamu akan mengunduh sebuah aplikasi, oleh karena itulah pastikan perangkat terhubung ke internet melalui wifi
  9. Unduh file “Android_6_GAM.apk” dan unduh file kedua “FRP_Bypass.apk”
  10. Pergi ke “Riwayat unduhan” pada browser, dan install kedua aplikasi tersebut, pertama install Android_6_GAM.apk , Jangan lupa aktifkan “sumber tidak diketahui” agar aplikasi bisa di install
  11. Jika sudah diinstall, buka aplikasi “FPR_Bypass.apk”, kemudian tekan 3 titik tombol yang ada di pojok kanan atas layar, klik tombol oke, akan tampil halaman login akun google.
  12. Kamu bisa login dengan menggunakan akun gmail baru.
  13. Selesai

Itulah cara melewati frp lock atau google verifikasi setelah hard reset tanpa pc yang bisa kamu coba. Karena sangat sulit dan ribet, jangan sampai kamu lupa lagi data atau informasi yang dibutuhkan di smartphone android kamu. Terlebih bila smartphonemu merupakan smartphone canggih yang mungkin lebih sulit membukanya.